Rabu, 19 November 2014

mengenal blender aplikasi 3d open source

 
A.Sejarah Singkat Blender

Awalnya aplikasi ini dibuat oleh Ton Roosendall tahun1988 dan mendanai perusahaan bernama NeoGeo yang akhirnya dapat berkembang dengan sangat pesat. Kemudian tahun 1995 muncullah aplikasi blender ini, karena memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh,maka dilakukanlah pengembangan Blender ini. Kemudian program ini didistribusikan sebagai shareware. Sayangnya sekitar tahun 2001 penjualan aplikasi ini sangatlah rendah dan tidak menguntungkan maka
terjadilah penghentian pengembangan dari aplikasi Blender ini.

Karena tidak ingin Blender hilang , Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.

B.Panel Utama pada Blender 


1. Menu
Pada menu terdapat :

a File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain

bAdd digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D

cTimeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender

d   Game berguna untuk memulai scripting program game

e   Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya

 Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user


2. View Port
Pada View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta sebagainya

3. Tool Button
a) Translate Manipulator Mode
Mempunyai simbol segitiga merah Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G Kegunaannya adalah untuk mengambil objek

b) Rotate Manipulator Mode
Mempunyai simbol lingkaran hijau Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R Kegunaannya untuk merotasi objek

c) Scale Manipulator Mode
Mempunyai simbol persegi biru Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S Kegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil objek

d) Transform Orientation
digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi

e) Rotating / Scalling Pivot
Mempunyai simbol titik hitam beserta tanda panah, Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point Dan setelah kita mengulas blender secara singkat maka saya akan mengungkapkan keungulan dari Blender 3D

C.Keunggulan Blender 3D
1.      Tampilan dan pengunaan yang mudah dipahami dan tertata rapi.
2.      Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,rendering, compositing, post production dan game creation.
3.      Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.
4.      Blender 3D dapat digunakan pada semua system operasi baik windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
5.      Kualitas arsitektur 3D dengan berkualitas yang tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
6.      Mempunyai forum dan komunitas yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan project yang di buat.
7.      File yang berukuran kecil.
8.      Terlebih lagi Free atau gratis.
D.Tools pada Blender


Setelah kita membahas tentang penjelasan blender dan sekarang kita masuk pada pembahasan toolsnya. Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
1.      Modeling
Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D
2. UV Mapping
Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing
Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.
4. Rigging
Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning
Adalah pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi
Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle
Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model. Dan untuk simulasi tedapat:
·        Scripting
·        Rendering
·        Compositing
·        Post production

·       Game creation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentari blog ini