A.Sejarah
Singkat Blender
Awalnya aplikasi ini
dibuat oleh Ton Roosendall tahun1988 dan mendanai perusahaan bernama NeoGeo
yang akhirnya dapat berkembang dengan sangat pesat. Kemudian tahun 1995 muncullah
aplikasi blender ini, karena memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh,maka
dilakukanlah pengembangan Blender ini. Kemudian program ini didistribusikan
sebagai shareware. Sayangnya sekitar tahun 2001 penjualan aplikasi ini
sangatlah rendah dan tidak menguntungkan maka
terjadilah penghentian pengembangan dari aplikasi Blender ini.
terjadilah penghentian pengembangan dari aplikasi Blender ini.
Karena tidak ingin
Blender hilang , Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama
Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah mempromosikan dan
mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender
dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan
Blender terus berlanjut hingga saat ini.
1. Menu
Pada menu terdapat
:
a File yang
merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang
lainnya sebagai mana pada program 3D lain
b. Add
digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D
cTimeline
digunakan untuk mengatur animasi pada blender
d Game berguna
untuk memulai scripting program game
e Render
berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
f Help
digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk
pertanyaan dari user
2. View Port
Pada View
Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View
Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project
dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta sebagainya
3. Tool Button
a) Translate
Manipulator Mode
Mempunyai simbol
segitiga merah Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G Kegunaannya adalah
untuk mengambil objek
b) Rotate Manipulator
Mode
Mempunyai simbol
lingkaran hijau Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R Kegunaannya untuk
merotasi objek
c) Scale Manipulator
Mode
Mempunyai simbol
persegi biru Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S Kegunaannya untuk
memperbesar atau memperkecil objek
d) Transform
Orientation
digunakan untuk merubah
orientasi saat mentransformasi
e) Rotating / Scalling
Pivot
Mempunyai simbol titik
hitam beserta tanda panah, Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara
default pada blender kita menggunakan Median Point Dan setelah kita mengulas
blender secara singkat maka saya akan mengungkapkan keungulan dari Blender 3D
C.Keunggulan
Blender 3D
1.
Tampilan dan pengunaan yang
mudah dipahami dan tertata rapi.
2.
Tool untuk membuat objek 3D
yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,texturing, rigging, skinning,
animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,rendering, compositing, post
production dan game creation.
3.
Cross Platform, dengan uniform
GUI dan mendukung semua platform.
4.
Blender 3D dapat digunakan
pada semua system operasi baik windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem
operasi yang lainnya.
5.
Kualitas arsitektur 3D dengan
berkualitas yang tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
6.
Mempunyai forum dan komunitas
yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan project yang di buat.
7.
File yang berukuran kecil.
8.
Terlebih lagi Free atau
gratis.
D.Tools
pada Blender
Setelah kita membahas
tentang penjelasan blender dan sekarang kita masuk pada pembahasan toolsnya.
Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
1.
Modeling
Adalah untuk pembuatan model pada awal
3D
2. UV Mapping
Adalah untuk memindahkan objek
berdasarkan vertexnya
3. Texturing
Adalah pembuatan textur pada objek bisa
dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.
4. Rigging
Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning
Adalah pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi
Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada
objek dengan mengunakan time line.
7. Particle
Adalah untuk pembuatan particle pada
objek / model. Dan untuk simulasi tedapat:
·
Scripting
·
Rendering
·
Compositing
·
Post production
·
Game creation.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan komentari blog ini