Jumat, 24 Mei 2013

Parallel Computation

Paralel Processing adalah kemampuan menjalankan tugas atau aplikasi lebih dari satu aplikasi dan dijalankan secara simultan atau bersamaan pada sebuah komputer. Secara umum, ini adalah sebuah teknik dimana sebuah masalah dibagi dalam beberapa masalah kecil untuk mempercepat proses penyelesaian masalah.

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll.
DISTRIBUTED PROCESSING
Distributed processing adalah manajemen banyak proses yang dieksekusi di banyak sistem komputer yang tersebar (terdistribusi) disatu jaringan. Pada sistem operasi tersebar yang ideal, pemrograman tidak perlu menyadari keberadaan banyak pemroses. Kecenderungan masa datang adalah menuju komputasi tersebar (distributed processing). Banyak riset dan pengembang sistem operasi tersebar antaranya AMOEBA , MACH , dan sebagainya.
Model komputasi Paralel.
1. Embarasingly Parallel adalah pemrograman paralel yang digunakan pada masalah-masalah yang bisa diparalelkan tanpa membutuhkan komunikasi satu sama lain. Sebenarnya pemrograman ini bisa dibilang sebagai pemrograman paralel yang ideal, karena tanpa biaya komunikasi, lebih banyak peningkatan kecepatan yang bisa dicapai.


Pengantar Thread Programming
Terdapat 2 buah teknik pada thread, yaitu :
S
      static Threading
Teknik ini biasa digunakan untuk komputer dengan chip multiprocessors dan jenis komputer shared-memory lainnya. Teknik ini memungkinkan thread berbagi memori yang tersedia, menggunakan program counter dan mengeksekusi program secara independen. Sistem operasi menempatkan satu thread pada prosesor dan menukarnya dengan thread lain yang hendak menggunakan prosesor itu.

2    Dynamic Multithreading
Teknik ini merupakan pengembangan dari teknik sebelumnya yang bertujuan untuk kemudahan karena dengannya programmer tidak harus pusing dengan protokol komunikasi, load balancing dan kerumitan lain yang ada pada static threading. 
OpenMP merupakan API yang mendukung multi-platform berbagi memori multiprocessing pemrograman C , C + + , dan Fortran , pada kebanyakan arsitektur prosesor dan system operasi , termasuk Solaris , AIX , HP-UX , GNU / Linux , Mac OS X , dan Windows platform. Ini terdiri dari satu set perintah kompiler, rutinitas library, dan variable lingkungan yang mempengaruhi perilaku run-time. OpenMP dikelola oleh nirlaba teknologi konsorsium OpenMP Arsitektur Review Board (ARB atau OpenMP), bersama-sama didefinisikan oleh sekelompok perangkat keras komputer utama dan vendor perangkat lunak, termasuk AMD , IBM , Intel , Cray , HP , Fujitsu , Nvidia , NEC , Microsoft , Texas Instruments , Oracle Corporation , dan banyak lagi.
 
 Pengantar Pemrograman CUDA GPU
     Sebelum membahas apa itu CUDA, saya akan menjelaskan apa itu GPU. GPU ( Graphics Processing Unit ) adalah sebuah processor khusus yang dirancang untuk mempercepat, memanipulasi dan mengubah memori yang berfungsi mempercepat pemuatan gambar. dibawah ini adalah contoh dari salah satu GPU.

    kali ini saya akan membahas CUDA. CUDA ( Compute Unified Device Architecture ) merupakan suatu
 cara yang dibuat oleh NVIDIA agar GPU yang ada tidak hanya untuk mengolah  grafis melainkan juga dapat untuk tujuan umum. CUDA sendiri mendukung pemrogrman bahasa C yang dimana
dapat terhubung langsung dengan GPU.  untuk melihatnya dapat membuka www.nvidia.com/cuda .



sumber:
http://abdanniputri.blogspot.com/search/label/Softskill 
http://andri102.wordpress.com/game/soft-skill/konsep-komputasi-parallel-processing/
 http://seto.citravision.com/berita-50-parallel-computation--pengantar-message-passing-openmp.html
http://rcaesario.blogspot.com/2013/04/parallel-computation.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentari blog ini